Sabtu, 07 Mei 2011

KEUNTUNGAN DAN RESIKO INVESTASI SAHAM


Sebelum anda terjun ke pasar modal,anda juga harus tau terlebih dahulu Dua unsur yang melekat pada setiap modal atau dana yang diinvestasikan adalah hasil (return) dan resiko (risk). Ada timbal balik setimbang antara hasil dan resiko, umumnya apabila hasil suatu jenis investasi tinggi maka risikonya pun tinggi. Begitu juga investasi saham pada umumnya, yang memiliki resiko dan hasil yang tinggi. High risk and high return
Dalam investasi saham, selain memperoleh kesempatan mendapatkan Dividen dan Capital Gain, Investor memiliki keuntungan dari sifat saham yang Fleksibel dan Liquid. Berikut deskripsinya:
a)      Dividen, yaitu bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham pada saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Oleh karena saham adalah tanda bukti kepemilikian atas emiten (perusahaan penerbit saham) maka investor/pemegang saham berhak mendapat bagian dari laba perusahaan.
b)      Capital Gain, yaitu keuntungan yang berasal dari jual-beli saham berupa selisih antara harga jual yang lebih tinggi dari harga beli.
c)      Fleksibel, pemegang saham dapat menjual sebagian sahamnya apabila tiba-tiba membutuhkan dana. Berbeda dengan investasi tanah, properti, emas dan sebagainya yang harus dijual secara keseluruhan.
d)     Liquid, prinsip good delivery dan good fund dalam pasar modal menjamin investor mendapatkan saham dan dananya, dengan ketentuan 3 (tiga) hari setelah transaksi atau dikenal T+3.
Adapun resiko yang dapat terjadi dalam investasi saham, antara lain:
a.       Capital Loss, yaitu kerugian dari hasil jual beli saham, berupa selisih antara harga jual yang lebih rendah dari harga beli.
b.      Opportunity Loss, yaitu kerugian yang dapat terjadi yang diakibatkan karena perusahaan/emiten dilikuidasi, tetapi nilai likuidasinya lebih rendah dari harga saham.
Lalu apa yang dapat dilakukan untuk meminimalisir resiko tersebut? Investor sangat dianjurkan untuk melakukan diversifikasi investasi dalam beberapa instrumen, misalnya: saham dari beberapa sektor industri, saham dan deposito atau saham dan obligasi.
Salah satu securities yg sudah online di Indonesia yg pertama adalah PT.eTrading Securities yg sudah terdaftar di BAPEPAM (Badan Pengawas Pasar Modal) dan PT.KSEI (Kustodion Sentral Efek Indonesia). Di securities ini segala kemudahan bisa diberikan kepada nasabah yg tergabung di eTrading, mulai dari fee transaksi, sistem yg mudah untuk online trading secara lengkap dapat mengakomodasi segala macam tipe investor.

HOME ONLINE TRADING SYSTEM ( H O T S )
PT. eTrading Securities sebagai yang pertama dan terkemuka, dengan bangga menghadirkan sebuah sistem untuk berinvestasi saham di Pasar Modal Indonesia, yaitu Home Online Trading System (HOTS) yang dikembangkan dengan menggunakan teknologi CNA dari Korea (salah satu penggunanya adalah Samsung Securities) yang telah disesuaikan dan sudah teruji dengan kebutuhan Pasar Modal Indonesia.
Informasi pasar/Market Information disajikan secara lengkap, akurat dan seketika (real time) sehingga Investor mendapat transparansi informasi yang utuh dan terpercaya. Begitu pula adanya menu Order (Buy-Sell-Ammend-Withdraw) memungkinkan Investor melakukan transaksi secara on line, cepat dan aman sekaligus mendapat konfirmasi tanpa perlu menghubungi Broker via telepon. Pemantauan portofolio dan kondisi keuangan dapat dilakukan dengan bebas dan leluasa melalui menu Portfolio sehingga Investor mengetahui potential profit dari perdagangan secara langsung.
Menu-menu penting lain dalam HOTS, menjadikan Investor dapat dengan lebih efektif dan efisien melakukan keputusan transaksi, dari mana saja dan kapan saja. Sehingga memungkinkan Investor memperoleh nilai, benefit dan pengembalian yang lebih optimal.
Berikut beberapa menu yang termasuk dalam HOTS:
Running Trades & Interrest Stock.
Menu ini menampilkan pergerakan transaksi di lantai Bursa Efek Jakarta (BEJ) secara real time atau seketika.Stock Price.
Melalui menu ini, investor dapat mengetahui catatan transaksi dari suatu saham berikut dengan Order Book-nya, sekaligus mengetahui broker-broker mana saja yang mentransaksikannya pada jam perdagangan. Misalnya, investor ingin melihat saham Telkom, maka investor memasukkan kodenya:
TLKM.
Historical Price
Secara lengkap menu ini menampilkan historis harga suatu saham sekaligus untuk melihat harga open, high, low dan last, baik untuk satu hari ke belakang, 1 bulan dan 1 tahun atau lebih
Ranking
Investor dapat mengetahui ranking dari suatu saham atau broker, misal: Top Gainers, Top Losser dll (untuk saham) dan Top Frequency, Top Volume dan Top Value dll dari suatu broker.
Chart
Menu ini menampilkan beragam dan kombinasi charts (grafik) yang sangat lengkap untuk keperluan analisis teknikal. Misalnya, Chart Daily Focus yang menggunakan candle stick dan dapat diubah dengan garis serta dilengkapi dengan beberapa indikator seperti; indikator harga, change, trend dan lain-lain, investor dapat juga melihat datanya secara digital.
Order
Di sini investor dapat melakukan Order (Buy-Sell-Ammend-Withdraw) secara on line, cepat dan aman sekaligus mendapat konfirmasi yang dapat dicek dalam fitur Order List.. Menu lainnya adalah Portfolio untuk memantau kondisi keuangan dan portofolio sahamnya dan History Stock Trade yang memungkinkan Investor mengetahui seluruh transaksi yang telah dilakukan.
Dan berbagai menu penting lainnya yang sangat lengkap guna mendukung keperluan analisis dan transaksi oleh investor .
BY PHONE
Ketika member eTrading Securities mengalami kesulitan untuk mengakses Internet oleh karena sesuatu hal,member eTrading Securities tetap dapat melakukan transaksi sahamnya dengan menghubungi by phone divisi dialing room eTrading Securities dimana nantinya mereka meminta kode tertentu untuk memastikan bahwa benar member itu sendiri yang melakukan order dan bukan orang lain sehingga segala sesuatunya dapat berjalan dengan aman,dan nyaman di eTrading Securities.
KETENTUAN TRANSAKSI
·         Minimum Deposit Rp. 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) untuk umum dengan fee 0.15% buy - 0.25% Sell
·         Investor dapat bertransaksi hingga 2x dari deposit, dengan ketentuan settlement date T+3. Artinya dalam 3 (tiga) hari setelah transaksi, investor berkewajiban untuk membayar kekurangannya.
·         Dalam bursa berlaku prinsip good delivery yaitu jaminan bahwa investor yang melakukan pembelian saham akan mendapatkan saham pada hari ke-3 setelah transaksi (T+3). Dan good fund yaitu investor akan mendapatkan dananya setelah melakukan penjualan sahamnya pada 3 hari setelah transaksi.
·         Fee TRANSAKSI NEGOSIASI mulai dari 0.15% buy & 0.25%sell sampai 0,10% buy dan 0,20% sell

Tidak ada komentar: